About Me

Foto Saya
Rika Adiana
menarik
Lihat profil lengkapku

Senin, 01 Oktober 2012

Protein




Protein

Protein merupakan senyawa polimer organik yang berasal dari monomer asam amino yang mempunyai ikatan peptida. Istilah protein berasal dari bahasa Yunani “protos” yang memiliki arti “yang paling utama”.
Protein memiliki peran yang sangat penting pada fungsi dan struktur seluruh sel makhluk hidup. Hal ini dikarenakan molekul protein memiliki kandungan oksigen, karbon, nitrogen, hydrogen, dan sulfur. Sebagian protein juga menagndung fosfor.
Protein pertama kali ditemukan pada tahun 1838 oleh Jöns Jakob Berzelius. Protein adalah salah satu biomolekul raksasa yang berperan sebagai komponen utama penyusun makhluk hidup. Protein membawa kode-kode genetik berupa DNA dan RNA.
Protein adalah senyawa organik kompleks dengan berat molekul tinggi, protein merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Protein mengandung molekul karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus (wikipedia). fungsi utama protein Sebagai enzim, Alat pengangkut dan penyimpan Misalnya hemoglobin mengangkut oksigen dalam eritrosit sedangkan mioglobin mengangkut 
oksigen dalam otot,penunjang mekanis, Media perambatan impuls syaraf misalnya berbentuk reseptor, dan Pengendalian pertumbuhan.
http://3.bp.blogspot.com/-yvCyeGVf61I/Tj6QCMvuCKI/AAAAAAAAAU4/5DcwSVc_EuY/s200/gambar%2Bsumber%2Bprotein.jpg

Secara singkat penjelasan tentang protein sebagai berikut :
PROTEIN yaitu Polimerisasi asam amino
Fungsi protein secara singkat yaitu sebagai : katalitik (enzim), kontraksi, pengatur gena, pencegahan, hormon, struktural, transport.
Asam amino merupakan: bagian-bagian dari protein. atau kata lain asam amino akan membentuk protein.
ikatan-ikatan kuat pada protein : peptida, disulfide dan ikatan lemah : hidrogen, ionik (garam), van der waals (hidrofobik).


Sifat-sifat umum dari protein yaitu :
REAKSI WARNA :
Asam amino : Ninhidrin
Protein : Biuret


DENATURASI protein : perubahan sifat protein sehingga tidak alamiah lagi /kerusakan protein. sebab sebab denaturasi protein yaitu :
secara fisis : dikocok, sinar, dingin, panas
secara kimiawi : + asam, basa, organik
Pada denaturasi : ikatan lemah hilang ikatan kuat masih


Klasifikasi protein berdasar sifat protein :
1. Kelarutan : albumin, globulin, fibrinogen
2. Bentuk : globuler, fibrosa
3. Sifatnya dengan elektroforesis
4. Sedimentasi : VLDL, IDL, LDL, HDL.
5. Imunologis : Ig A, D, E, G, M.
6. Struktur tiga dimensi : primer, sekunder, tertier, kuarterner
7. Fungsi biologis : struktural, enzim




Makanan yang mengandung protein
  1. Daging, unggas, ikan, kerang dan telur
  2. Kacang-kacangan, dan kacang
  3. Kedelai produk dan makanan protein nabati
Mengapa protein penting?
Dari rambut sampai kuku, protein merupakan komponen fungsional dan struktural utama dari semua sel kita. Protein menyediakan tubuh sekitar 10 sampai 15 persen energi makanan, dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan.
Protein adalah molekul besar terdiri dari rantai panjang asam amino sub unit. Beberapa asam amino ini adalah nutrisi penting karena mereka tidak dapat dibuat atau disimpan dalam tubuh dan harus berasal dari makanan dalam diet harian kita. Walaupun semua sel hewan dan tumbuhan mengandung protein tertentu, jumlah dan kualitas protein ini dapat sangat bervariasi.
Protein hewani
Protein dari sumber hewani mengandung berbagai macam asam amino esensial yang dibutuhkan dari makanan orang dewasa. Tapi daging merah, khususnya, harus dimakan dalam jumlah terbatas karena tingginya tingkat lemak jenuh yang dikandungnya, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah 'tidak sehat' LDL.
High-protein-foods



Sebuah asupan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan gangguan terkait lainnya. Sebagai alternatif sumber protein hewani, pilih unggas, ikan dan kerang. Ikan merupakan sumber protein hewani. Kaya minyak ikan seperti salmon, mackerel, herring, tuna, trout dan ikan sarden semua kaya omega-3 asam lemak, yang membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kerang juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak.
Telur mengandung semua delapan asam amino esensial, membuat mereka menjadi sumber protein yang sempurna. Namun, Anda harus makan sedikitnya delapan telur sehari untuk mendapatkan semua protein yang Anda butuhkan. Jadilah bijaksana; memasukkannya sebagai bagian dari diet seimbang dan bervariasi.
Saran untuk vegetarian
Vegetarian mengandalkan sumber tanaman untuk protein sehari-hari. Tanaman tidak mengandung berbagai macam asam amino esensial dan tidak setinggi nilai gizi seperti protein hewani. Tapi dengan makan diet seimbang yang berisi berbagai makanan yang berbeda, itu mungkin untuk mengkonsumsi asam amino yang dibutuhkan. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, makanan protein nabati dan produk kedelai semuanya mengandung protein. Ada juga sejumlah kecil dalam biji-bijian dan produk susu.
Berapa kebutuhan Protein dalam tubuh kita?
Ahli kesehatan menyarankan laki-laki harus makan protein 55.5g sehari dan 45g sehari buat perempuan. Dalam istilah praktis, makan dalam jumlah sedang protein - dalam satu atau dua kali makan setiap hari - harus memberikan semua protein yang Anda butuhkan. Kebanyakan orang di Inggris makan protein jauh lebih dari yang sebenarnya mereka butuhkan. Anda harus makan dua sampai tiga porsi protein setiap hari dari kedua tanaman dan sumber hewan.








Manfaat Protein
Manfaat protein bagi tubuh kita sangatlah banyak. Protein sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tubuh kita. Diantara manfaat protein tersebut adalah sebagai berikut:
§  Sebagai enzim. Protein memiliki peranan yang besar untuk mempercepat reaksi biologis.
§  Sebagai alat pengangkut dan penyimpan. Protein yang terkandung dalam hemoglobin dapat mengangkut oksigen dalam eritrosit. Protein yang terkandung dalam mioglobin dapat mengangkut oksigen dalam otot.
§  Untuk Penunjang mekanis. Salah satu protein berbentuk serabut yang disebut kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang dan kulit.
§  Sebagau Pertahanan tubuh atau imunisasi Pertahanan tubuh. Protein ini biasa digunakan dalam bentuk antibodi.
§  Sebagai Media perambatan impuls syaraf.
§  Sebagai Pengendalian pertumbuhan.


Untuk mengetahui kecukupan protein yaitu dengan  mengukur keseimbangan nitrogen.
Keseimbangan nitrogen : perbedaan antara N yang masuk : keluar
Positif : Masuk > keluar contoh anak sedang tumbuh, ibu hamil
Negatif : Masuk < keluar contohnya pasien setelah operasi, kanker lanjut, kwashirkor, marasmus, makan protein.
Sumber : Biokimia Herper 2009 



0 komentar on "Protein"

Posting Komentar

 

Rika Adiana Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal


This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates